10 Tempat Wisata di Yogyakarta yang Indah

Advertisement

Tempat Wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi adalah seperti Malioboro dan masih banyak lagi tempat tujuan wisata di Jogja yang dapat Anda jadikan tempat berlibur. Daerah Istimewa Yogyakarta sudah sangat terkenal sejak dulu dan menjadi tujuan wisata banyak sekali wisatawan yang berasal dari berbagai penjuru negeri maupun luar negeri.

Banyak sekali turis asing yang liburan di Yogyakarta, biasanya rute dari kebanyakan turis asing adalah Jogja – Bromo – Bali. Untuk Anda yang ingin liburan ke Yogyakarta, admin yoshiwafa.com memiliki rekomendasi paket wisata Jogja untuk membuat perjalanan liburan Anda menjadi jauh lebih mudah dan pastinya juga dengan harga lebih murah.

Daerah Istimewa Yogyakarta sering disingkat DIY dan di sebut Jogja sekarang ini sudah menjadi kawasan wisata yang terkenal seperti pulau Bali.

Walaupun kunjungan turis asing tidak seramai pulau Bali namun setiap harinya Jogja juga selalu dikunjungi oleh turis asing.

Apabila di Pulau Bali terdapat banyak Pura, di DI Yogyakarta Anda bisa menemukan banyak sekali Candi-candi yang merupakan bangunan bersejarah dan sekarang menjadi tujuan wisata.

Yogyakarta adalah Daerah Istimewa, setingkat provinsi yang ada di Indonesia dan merupakan sebuah tempat peleburan Negara Kesultanan Yogyakarta serta menjadi Negara Kadipaten Paku Alaman.

Letak Daerah Istimewa Yogyakarta terdapat di bagian selatan Pulau Jawa pada bagian tengah dan berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah juga Samudera Hindia.

Tempat Wisata di Yogyakarta yang menarik sangatlah banyak seperti Wisata sejarah, Wisata Pantai, Wisata Belanja, Wisata Alam, dan lain sebagainya.

Daftar 10 Tempat wisata di Yogyakarta

1. Candi Borobudur

Candi Borobudur

Lokasi dari Candi Borobudur sebenarnya berada di kota Magelang, namun termasuk dalam kategori tempat wisata di Yogyakarta dan sekitarnya yang paling menarik untuk dikunjungi.

Candi ini sudah sangat terkenal sampai ke penjuru belahan dunia, Candi Borobudur adalah sebuah candi Buddha yang terbesar di dunia.

Letaknya sekitar 40km jika dari Yogyakarta, Sampai sekarang ini Candi Borobudur masih dikunjungi oleh banyak biksu yang berasal dari berbagai penjuru untuk berziarah karena Candi Borobudur merupakan sebuah tempat suci bagi mereka umat Buddha.

Untuk Anda yang ingin memasuki area Candi Borobudur, akan diharuskan untuk menggunakan sarung yang dipinjamkan secara gratis di pintu masuk Candi Borobudur dan sarung tersebut harus Anda kembalikan di pintu keluar Candi Borobudur.

Candi Borobudur adalah sebuah candi yang memiliki banyak relief dan patung Buddha paling banyak di dunia. Walaupun tidak berada di Jogja, namun Candi Borobudur selalu didatangi oleh berbagai wisatawan yang sedang liburan ke Jogja.

2. Candi Prambanan

Candi Prambanan

Salah satu Candi yang paling terkenal di Indonesia setelah Candi Borobudur adalah Candi Prambanan yang merupakan salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi.

Candi Prambanan adalah kompleks candi Hindu yang paling besar di Indonesia, Candi Prambanan dihiasi dengan banyak relief yang diukir mengelilingi candi yang mengisahkan tentang kisah Ramayana dan Krishnayana.

Lokasi Candi Prambanan berada sektiar 17km jika dari psuat kota Yogyakarta. Jika Anda ingin berkunjung dan tidak membawa kendaraan pribadi, Anda bisa menggunakan bus dan kemudian turun di halte bus Prambanan, sangat mudah sekali mencapai Candi Prambanan karena letaknya yang dekat dengan jalan raya.

3. Jalan Malioboro

Jalan Malioboro

Tujuan utama dari berbagai wisatawan yang ingin liburan ke Jogja yaitu adalah Jalan Malioboro.

Jalan yang paling terkenal di Yogyakarta dan sudah menjadi tempat wisata di Yogyakarta yang paling terkenal.

Disini, untuk berfoto di penanda Jalan Malioboro saja sering kali harus mengantri lebih dahulu dengan pengunjung lain.

Nama dari Jalan Malioboro berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya adalah karangan bunga.

Jalan Malioboro akan memberikan Anda para pengunjung sebuah pengalaman wisata belanja dan wisata kuliner yang tidak ada habisnya.

Pada waktu siang hari, sepanjang Jalan Malioboro akan terdapat banyak sekali pedagang pakaian, tas, sandal, gantungan kunci, kerajinan tangan, batik, aksesoris, dan barang unik lainnya yang bisa Anda beli dengan harga murah.

Sedang pada waktu malam hari, disini Anda akan menemukan banyak sekali para pedagang makanan lesehan khas Yogyakarta yang berada di sepanjang Jalan Malioboro.

Salah satu hal yang unik di Jalan Malioboro adalah, disini ada beberapa orang yang menggunakan pakaian unik, misalnya berpakaian seperti halnya prajurit, pocong, zombie, dan lain sebagainya. Anda bisa foto bersama dengan mereka dengan biaya sukarela.

Belum ke Jogja rasanya jika Anda belum berkunjung ke Jalan Malioboro.

4. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis

Sebuah Pantai yang paling terkenal di Yogyakarta yaitu Pantai Parangtritis. Lokasinya berada sekitar 26km di arah selatan jika dari pusat kota Yogyakarta, Pantai Parangtritis memiliki ombak dan arus yang cukup besar.

Keunikan yang dimiliki pantai Parangtritis adalah terdapat bukit pasir yang biasa disebut gumuk yang ada di sekitar pantai. Jika Anda ingin mendapatkan pengalaman yang berbeda, Anda bisa mencoba untuk bermain paralayang di Bukit Parangndog.

5. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta

Tidak kalah menariknya, Keraton Yogyakarta juga merupakan salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang terkenal. Keraton Yogyakarta adalah sebuah bangunan yang bersejarah dari kesultanan Yogyakarta yang menjadi tempat tinggal Sultan dan keluarganya.

Selain Anda bisa menikmati keindahan arsitektur kuno, disini Anda juga bisa berkunjung ke sebuah museum yang memiliki koleksi barang-barang milik kesultanan Yogyakarta yang sebagian besar merupakan hadiah dari para raja Eropa.

Untuk Anda yang ingin datang berkunjung ke tempat wisata yang satu ini, lebih baik Anda datang pada waktu pagi hari karena Keraton Yogyakarta hanya buka dari pukul 8 pagi sampai dengan pukul 2 siang saja.

6. Gunung Merapi

Gunung Merapi

Sebuah Gunung yang paling terkenal di Yogyakarta bahkan Indonesia, sebelum meletus, Gunung ini pernah menjadi Gunung yang tertinggi di pulau Jawa yaitu Gunung Merapi.

Gunung Merapi merupakan salah satu lokasi wisata yang favorit di Yogyakarta, khususnya bagi para pecinta alam yang hobi trekking pendakian gunung , dipuncak Gunung para pendaki dapat menikmati keindahan matahari terbit yang indah.

Harga untuk tiket masuk ke kawasan wisata Gunung Merapi hanya sekitar 3,000 Rupiah saja per orangnya.

7. Istana Air Taman Sari

Istana Air Taman Sari

Pada jaman dahulu Istana Air Taman Sari ini merupakan sebuah tempat rekreasi dan meditasi untuk keluarga kerajaan Yogyakarta.

Selain itu, Istana Air Taman Sari ini dulunya juga berfungsi sebagai sebuah benteng pertahanan.

Sekarang ini, Istana Air Taman Sari sudah menjadi salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang terkenal.

Udara di sekitar Istana Air Taman Sari sangat sejuk karena terdapat banyak kolam buatan yang disertai dengan kebun bunga berbau harum.

Harga untuk tiket masuk ke Istana Air Taman Sari adalah sekitar 5,000 Rupiah.

8. Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal

Gunung Kidul populer dengan beberapa pantainya yang berpasir putih. Namun, ada suatu pantai yang unik lantaran tersembunyi diantara tebing-tebing karang yang terjal. Pok Tunggal, namanya.

Untuk hingga ke Pantai Pok Tunggal, anda dapat memakai kendaraan atau trekking dari segi timur Pantai Indrayanti. Disini, ada suatu pohon Duras sebagai ikon pantai ini. Nama Pok Tunggal juga datang dari kehadiran Pohon Duras yang jadi vegetasi hanya satu disini. Pohon Duras itu cuma mempunyai satu basic pohon (pok), hingga bikin masyarakat seputar menamai pantai yang ada di dekatnya dengan Pok Tunggal.

Satu tahun lebih lantas, Pantai Pok Tunggal masih tetap sangatlah sepi. Nyaris tak ada wisatawan yang datang kesini. Tetapi saat ini, Pok Tunggal telah mulai di kenal. Bila mau terasa pantai ini seperti pantai pribadi, janganlah bertandang kesini waktu akhir minggu — tetapi datanglah di hari kerja. Oh iya, janganlah juga asal memanjat Pohon Duras yang jadi ikon pantai ini, ya. Pohon ini sangat bernilai maknanya untuk masyarakat seputar.

9. Pantai Baron

Pantai Baron

Pantai yang jaraknya berada sekitar 65km dari pusat kota Jogja ini mempunyai pesona pemandangan yang indah serta yaitu tempat untuk Anda yang mau menyantap bermacam hidangan laut. Pantai Baron ini sebenarnya yaitu suatu teluk dengan kehadiran dua buah bukit yang mengapitnya di segi kiri serta kanannya.

Daya pikat tempat wisata pantai Jogja yang satu ini yaitu pada sajian kuliner laut yang lezat. Anda bisa mencicipi lobster, ikan kakap, bawal putih, sampai tongkol. Pantai Baron yaitu juga dermaga untuk beberapa nelayan, Anda bakal menjumpai ada pelelangan ikan di lokasi pantai ini.

10. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti sangat memukau beberapa penggemar wisata pantai. pantai ini terdapat di pesisir selatan propinsi Jogjakarta tepatnya di kabupaten Gunungkidul.

Masih tetap satu jejeran dengan pantai Baron, pantai Kukup, pantai krakal serta pantai Sundak. Pantai ini baru populer pada satu tahun lebih paling akhir ini. Maklum, dulunya pantai ini tak dikelola dengan cara profesional.

Saat ini, dengan pengelola swasta yang juga mengelola RUmah Makan Indrayanti menyulap Pantai Pulang Syawal ini tak kalah dengan Pantai Kuta Bali.

Advertisement
10 Tempat Wisata di Yogyakarta yang Indah | admin | 4.5

Leave a Reply