Pesona Pantai Bajul Mati Dan Goa Cina Malang

Advertisement

Yoshiwafa.com – Malang adalah salah satu kota di Indonesia yang dianugerahi tempat-tempat indah seperti, Balekambang, Sendang Biru , Kondang Merak, Bajul Mati dan Goa China. Pastinya anda sudah pernah mendengar beberapa tempat tersebut, atau mungkin sudah pernah mengunjungi semuanya? Ya, dari kelima tempat wisata diatas ada dua tempat wisata yang cukup menarik perhatian saya, yaitu Bajul Mati dan Goa Cina. Ini adalah tempat wisata pantai di Malang yang memiliki cerita dan nilai sejarah tersendiri. Nah, dari namanya sih udah bikin penasaran dan ingin tahu lebih jauh tentang tempat tersebut. Oleh karena itu, saya akan coba mengupasnya sedikit agar kedua tempat ini bisa lebih terkespos lagi oleh wisatawan hehe.Sekilas nama pantai Bajul mati ini cukup aneh, tetapi memang dibalik sebuah nama pasti ada artinya. Nah, untuk pantai ini dinamakan Bajul Mati karena bukit-bukit disekitar pantai tersebut berbentuk memanjang/gugusan dan tampak terlihat seperti buaya mati (atau bajul mati). Tempat wisata ini terletak di desa Bajulmati, kelurahan Gajah Rejo, Kecamatan Gedangan, dan letaknya tidak jauh dari pantai Goa Cina dan Sendang Biru. Jadi kalau anda lagi berkunjung ke Malang, tidak ada salahnya berwisata ke pantai yang satu ini.

Pesona Pantai Bajul Mati Dan Goa Cina Malang

Pesona Pantai Bajul Mati Dan Goa Cina Malang
Pesona Pantai Bajul Mati Dan Goa Cina Malang

Jika diingat lagi, sebenarnya perjalanan ke pantai Bajul Mati dan Goa Cina ini tanpa direncanakan terlebih dulu, tetapi karena waktu itu saya ada perlu di Malang, ya ga ada salahnya liburan sekalian. Tepatnya Pertengahan Januari kemarin, saya ada urusan kerjaan di Malang selama 2 minggu. Untuk perjalanan untungnya ga perlu repot, karena semuanya sudah di urus kantor hehehe. Namun, untuk urusan tiket pesawatnya saya sempat agak sedikit bingung, karena bentuknya hanya E-tiket yang diprint, tidak seperti tiket biasanya (maklum belum pernah :D). Namun, setelah mendapat penjelasan ternyata kantor pesan tiketnya dari layanan booking tiket pesawat online. Heemmm…ada juga ya ternyata yang seperti ini, ternyata saya ketinggalan jaman juga wkwkwk.

Di Etiketnya, tertera dari Traveloka.com. Ternyata layanan tersebut yang menyediakan pemesanan tiket via online, dan setelah coba tanya sana sini termasuk mbah Google, ternyata Traveloka merupakan layanan pemesanan tiket pesawat secara online terbesar di Indonesia. Sepertinya sih bagus, tapi saya belum sempat mencobanya. Dari testimoni dan feedback dari konsumennya sih termasuk positif, saya bisa dengan mudah menemukan testimoninya di social media, baik Twitter, Facebook, dan selain itu juga banyak blog/website yang bercerita tentang pengalaman wisatanya bersama Traveloka. Rata-rata dari testimoni konsumennya, mereka puas karena harga tiket pesawat di Traveloka paling murah, pelayanannya cepat dan mudah mendapatkan tiketnya. Heemmm…pantes aja kantor saya menggunakannya. Ternyata lebih murah toh hahaha.

Ya sudahlah, sekarang saya akan lanjut lagi ke cerita Bajul Matinya ya. Untuk perjalanan ke tempat wisata ini sendiri sebenarnya dilakukan menjelang akhir tugas di Malang. Kebetulan kerjaannya bisa selesai lebih cepat, jadi saya menyempatkan diri untuk refreshing dulu. Untuk menuju ke pantai Bajul Mati ini membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam atau 80 km, dari kota Malang dengan mengambil arah ke Sumbermanjing. Perjalanannya cukup mengasikkan, dikelilingi pemandangan indah dan tikungan-tikungan yang sangat tajam seperti jalan-jalan di pegunungan. Seru juga kayanya kalau naik motor di jalan itu hehe.

Sesampainya ditempat wisata, saya langsung aja bergegas untuk melihat pantainya, karena sempat terbersit di dalam pikiran saya kalau yang namanya pantai pasti sama saja dengan pantai-pantai lainnya. Tapi pas saya melihatnya…Cuma bisa berukur ke Tuhan Yang Maha Esa atas ciptaannya ini. Karena ternyata pantai ini agak berbeda dengan pantai-pantai lainnya. Kenapa? Jawabannya adalah karena pantai ini bisa dibilang masih alami dan belum tercemar lingkungannya. Wisatawan yang datang ke tempat ini bisa dihitung dengan jari, alias masih sedikit hehe. Tetapi dibalik sepinya pengunjung, pantai ini memiliki keindahan alam yang tidak dimiliki tempat wisata lainnya, yaitu terletak di teluk-teluk yang menghiasi berbagai penjuru pantai.

Tapi sayang, keindahan  alam ini hanya bisa saya lihat saja tanpa bisa ikut merasakannya. Ya, pantai ini termasuk kedalam pantai-pantai yang melarang pengunjungnya untuk berenang karena bagian dari pantai Selatan ini terkenal dengan angin dan ombaknya yang besar. Sempat kecewa sih, tetapi untungnya bagian di sebelah barat pantai yang bisa digunakan untuk bermain air hehe. Ya walaupun tidak bisa berenang, setidaknya bisa mencicipi sedikit untuk bermain air. Lalu apalagi? Apalagi ya, oh ya biaya masuknya yang sangat murah. Cukup Rp. 4000/orang saja, jadi liburan saya kemarin temanya adalah wisata murah hehe.

Pesona Pantai Bajul Mati Dan Goa Cina Malang
Pesona Pantai Bajul Mati Dan Goa Cina Malang

Setelah puas menikmati keindahan pantai Bajulmati, saya mampir sebentar ke Goa Cina, kebetulan jarangnya tidak jauh, cukup 10 menit saja. Dari Bajulmati saya mengarah ke Sumbermanjing wetan, dan ketemu tiga jalan bercabang dan ambil yang tengah sesuai petunjuk jalannya. Perjalanannya cukup berbeda dengan ke Bajul Mati, karena saya harus melewati batu-baru kasar dengan panjang kurang lebih 800 meter. Setelah sampai di tujuan, saya membayar biaya retribusi yang nilainya sama dengan harga masuk ke Bajul Mati, yaitu Rp.4000 per orang. Saya pribadi lebih suka dengan pantai Bajul Mati, karena ternyata di Goca Cina cukup ramai wisatawannya hehe. Ya sebenarnya subjektif sih, tapi memang kebetulan saya suka tempat yang tenang dan tidak ramai untuk menenangkan pikiran dan bersantai sejenak.

Goa Cina ini tampaknya lebih luas area pantainya dibandingkan dengan Bajul Mati, dan pemandangannya dihiasi oleh bebatuan atau gua karang yang sangat besar. Nah, sehubungan dengan namanya, karena konon dahulu goa dipantai ini dijadikan tempat bertapa orang-orang China. Untuk larangannya sama dengan pantai Bajul Mati, yaitu tidak boleh berenang hehehe. Jadi Cuma bisa melihat ombak-ombak besarnya yang menggoda saya pastinya.

Nah itulah sekilas ulasan saya seputar tempat wisata Bajul Mati dan Goa Cina di Malang. Kalau anda lagi berada di Malang atau ingin menenangkan pikiran sejenak, maka pantai Bajul Mati bisa jadi pilihan tempat wisata anda. Selain pemandangannya yang indah, kedua tempat ini memang mempunyai pesona dan ceritanya masing-masing. Jadi gimana, apakah anda sudah merencanakan liburan dalam waktu dekat ini? Kalau belum, jangan ditunda ya hehe.

Advertisement
Pesona Pantai Bajul Mati Dan Goa Cina Malang | Yoshi Wafa | 4.5

Leave a Reply